Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Nilai-Nilai Tasawuf dalam Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • M. Yusuf STAI Darussalam
  • Binti Ulfatul Jannah STAI Darussalam Nganjuk

Keywords:

human resource management, Sufism, Islamic education, work ethics, spiritual leadership

Abstract

Human Resource Management (HRM) in Islamic educational institutions plays a crucial role in improving the quality of educators and administrative staff. However, HRM is often administratively oriented and lacks attention to spiritual dimensions. Sufi values such as ikhlas (sincerity), tawakal (trust in God), zuhud (asceticism), ridha (contentment), and muhasabah (self-reflection) can serve as the foundation for fostering work ethics and a harmonious organizational culture in Islamic education. This study aims to examine how Sufi concepts can be integrated into HRM and their impact on organizational effectiveness. Using the library research method, this study analyzes literature from classical Sufi texts and modern management theories. The findings indicate that implementing Sufi values in HRM enhances work motivation, loyalty, and psychological well-being among educators. Additionally, this approach contributes to creating a more harmonious work environment rooted in spiritual values. Therefore, integrating Sufism into HRM can serve as an alternative model for managing human resources in Islamic educational institutions to address the challenges of the modern era.

References

Tasawuf Yang Humanis, Spiritualis Dan Etis. Penerbit CV. Pena Persada, 2020.

Ali, Umar, Yakobus Adi Saingo, Simon Kasse, dan Alfaris Max Hayer. “Resolusi konflik guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 4, no. 3 (2023): 193–218.

Dja’far, Abu Bakar, dan S Pd I Yunus. Manajemen Pendidikan Islam (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam). Penerbit Adab, 2021.

Duryat, H Masduki. Kepemimpinan pendidikan: Meneguhkan legitimasi dalam berkontestasi di bidang pendidikan. Penerbit Alfabeta, 2021.

Faizah, Misbahul, dan Syamsul Arifin. “Konsep Tawakal dalam Al-Qur’an dan Relevansinya Terhadap Pendidikan.” PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu dan Hikmah 8, no. 2 (2023): 1–14.

Fuadah, Yayu Tsamrotul, dan Nurul Hidayati Murtafiah. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kepemimpinan Spiritual Kepala Madrasah.” JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman 8, no. 02 (2022).

Gusli, Ramadhoni Aulia, Zulfani Sesmiarni, Muaddyl Akhyar, dan Kurnia Mira Lestari. “Pendekatan Efektif dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 2 (2024): 477–488.

Hamdani, Hunaizan. “Penerapan zikir thariqah qadiriyah wa naqsabandiyah (TQN) dalam mengatasi stres (Studi Jam’ah Zikir TQN di desa Bermi Babussalam).” UIN Mataram, 2022.

Handayani, T ri. “Tajdid Achievement Orientation Leadership Sebagai Gaya Kepemimpinan Islami Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi.” Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2024.

Hapsah, Romlah Harniati, Fatimah Az Zahrah, dan Muhammad Yasin. “Dinamika interaksi manusia, masyarakat, dan budaya dalam era globalisasi dan modernisasi.” Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA) 2, no. 2 (2024): 191–202.

Hidayah, Nurul, Ade Rizal Rosidi, dan Amrini Shofiyani. “Konsep Ikhlas Menurut Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 12, no. 2 (2023): 190–207.

Husain, Saddam, dan Andi Eki Dwi Wahyuni. “Moderasi Beragama Berbasis Tradisi Pesantren Pada Maγçöhad Aly Asγçöadiyah Sengkang Wajo Sulawesi Selatan.” Harmoni 20, no. 1 (2021): 48–66.

Khairunnisa, Adriana, Suparji Suparji, Anis Rifai, dan Aris Machmud. “Analisis Pertanggungjawaban Hukum Pengurus Yayasan Dalam Kasus Penyalahgunaan Dana: Studi Kasus Yayasan Aksi Cepat Tanggap.” Binamulia Hukum 13, no. 2 (2024): 407–419.

Khoirunnissa, Rahma, dan Syahidin Syahidin. “Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme di Kalangan Mahasiswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10, no. 2 (2023): 177.

Manzil, Kunzita Ladiana, dan M Imamul Muttaqin. “Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam (Pengertian, Karakteristik Kepemimpinan Rasulullah, Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam, dan Keberhasilannya).” Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa 1, no. 7 (2024): 734–743.

Maula, Ismatul. “Kompetensi Profesional Pendidik Menurut Al-Ghazali.” Jurnal Ilmiah Kajian Islam 4 (2020).

Murtafiah, Nurul Hidayati. “Analisis Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Handal Dan Profesional (Studi Kasus: Iai An Nur Lampung).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 02 (2021).

Muvid, Muhamad Basyrul. Tasawuf Kontemporer. Amzah, 2020.

Nawawi, Muhammad Latif, Ahyar Fatoni, Syukron Jazuli, dan Syarif Maulidin. “Pendidikan Karakter Remaja Menurut Syaikh Musthafa Al-Ghalayaini Dalam Kitab Izhatun Nasyi’in.” TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru 4, no. 2 (2024): 78–90.

Nisak, Khoirun. “Konsep Zuhud dalam Pendidikan Islam (Studi Analisis atas Lirik Lagu ‘Sugeh Tanpo Bondo’ Karya RMP Sosrokartono).” IAIN KUDUS, 2020.

Nurdin, Eep Sofwana, dan M Ud. Pengantar Ilmu Tasawuf. Aslan Grafika Solution, 2020.

Rahma, Tsania, Yehezkiel Lemuel, Debby Fitriana, Tiara Rizki Annesha Fanani, dan Rosa De Lima Gita Sekarjati. “Intolerance in the Flow of Information in the Era of Globalization: How to Approach the Moral Values of Pancasila and the Constitution?” Indonesian Journal of Pancasila and Global Constitutionalism 1, no. 1 (2022): 33–118.

Safaat, Ahmad Wafi Nur. “Konsep Zuhud Menurut Syekh Abdul Qodir Al Jailani: Studi Kitab Tafsir Al Jailani.” SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies 4, no. 2 (2024): 106–121.

Solihin, Endang. “Konsep Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Pesan-TREND: Jurnal Pesantren dan Madrasah 3, no. 2 (2024): 1–35.

Sukmawati, Risma, dan Cecep Hermana. “Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (2024): 51–56.

Suryana, Cucu, dan Tatang Muhtar. “Implementasi konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara di sekolah dasar pada era digital.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6117–6131.

Syihabuddin, Muhammad Arif. “Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan Islam.” JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education 8, no. 02 (2024): 283–308.

Tammar, Ardiansyah, Achmad Abubakar, dan Muhsin Mahfudz. “Kajian Literatur Tentang Konsep Tawakal Serta Relevansinya Dalam Kehidupan Sosial.” Farabi 20, no. 2 (2023): 157–179.

Tejaningsih, Endah, dan Imam Makruf. “Manajemen Pengembangan Mutu Lulusan Madrasah Berbasis Pesantren Tasawuf.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 1 (2022): 218–230.

Wahyudi, Muhammad, Dhea Melati Putri, dan Mutia Alamiah Warda. “Pendidik Dan Peserta Didik, Dalam Pendidikan Islam.” At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2024): 565–574.

Wahyudi Widodo, M B A, dan M PdI. Manajemen pendidika Islam: teori, praktik, dan perkembangan di era kontemporer. CV. Beta Aksara, 2024.

Yemimaistyasih, Primadita. “The Concept of Narimo Ing Pandum towards Dokar’s Coachmens.” Psychopreneur Journal 6, no. 1 (2022): 48–59.

Yunita, Arinda, dan Raffly Gilang Ramadhan. “Psikologi Organisasi dan Aspek Kejiwaan dalam Belajar Mengajar dalam Perspektif Hadits.” BISMA: Business and Management Journal 2, no. 4 (2024): 48–58.

Yusuf, Achmad. Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius Di Pesantren Ngalah Pasuruan-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada, 2021.

Yusuf, M, Prim Masrokan Mutohar, dan Imam Fuadi. “Aktualisasi Nilai-Nilai Etik dalam Membentuk Efektifitas Budaya Organisasi Lembaga Pendidikan.” AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2024): 17–36.

Zaini, Moh, Bachrul Ulum, Wiwik Kusmawati, dan Reno Siska Sari. “Penerapan Islamic Moral Values dalam Pembentukan Karakter Mahaisswa melalui Budaya Organisasi.” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya 30, no. 3 (2024): 81–93.

Downloads

Published

2025-08-01